PSSI mengumumkan hasil Club Licensing Departement (CLD) 2018

Club Licensing DepartementPSSI mengumumkan hasil Club Licensing Departement (CLD) 2018, yang diikuti oleh 18 klub Liga 1. Sebanyak 10 klub dipastikan lolos dalam CLD tahun ini. Tiga dari 10 klub itu lolos tanpa syarat atau granted. Ketiganya ialah Persija Jakarta, Arema FC, dan Persib Bandung. Kemudian, tujuh klub lainnya, yakni Madura United, PSM, Barito Putera, Persipura Jayapura, Borneo FC, Bhayangkara FC, dan Bali United, lolos dengan syarat (granted with sanctions). Untuk tujuh klub granted with sanctions, mereka harus memenuhi persyaratan hingga 31 Januari 2019.

Ada lima syarat yang harus dipenuhi setiap klub dalam proses CLD ini, yakni sporting, infrastructure, personnel and administrative, legal, dan finansial. Kelima syarat ini diterapkan oleh Konfederasi Sepakbola Asia, AFC.

Proses CLD yang dijalankan setiap tahun dari AFC ini mulai dilakukan pada April hingga September 2018. CLD ini dilakukan oleh Club Licensing Committee yang diketuai oleh Timmy Setiawan dan Club Licensing Appeal Committee dipimpin oleh Emmy Yatmini.

CLD ini diperlukan bagi setiap klub agar dapat berkompetisi di tingkat AFC. Sebab, hanya klub-klub yang lolos persyaratan CLD yang bisa tampil di ajang Liga Champions Asia dan AFC Cup. Pada 2019, Indonesia sendiri mendapat tiga slot untuk berkompetisi di dua ajang tersebut. Dua tim di AFC Cup dan satu tim ke kualifikasi Liga Champions Asia. Jumlah ini telah meningkat karena pada 2018 hanya dua klub, yakni Bali United dan Persija Jakarta, yang berlaga di AFC Cup 2018.

Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, pun menyambut baik hasil tersebut. Ia mengapresiasi klub-klub yang telah berjuang memenuhi persyaratan CLD. Ratu Tisha pun memastikan dukungan selalu diberikan PSSI kepada setiap klub di Indonesia.

“PSSI mengapresiasi kerja klub untuk memenuhi persyaratan Club Licensing Department. PSSI selalu mendukung serta mendampingi klub-klub untuk menjadi sebuah klub profesional dan layak berlaga di kompetisi Asia,” ujar Ratu Tisha, sebagaimana dikutip dari laman resmi PSSI, Selasa (23/10/2018).

“Tahun ini, ada peningkatan jumlah klub yang mendapat lisensi Club Licensing Department ini tentu sangat bagus bagi PSSI dan klub-klub itu sendiri. Ke depannya, Club Licensing Department akan dipresentasikan dalam kongres dan kami berharap semua tim Liga 1 mendapat lisensi ini,” tukasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5B3EE8CA50191